Monday, January 18, 2016

Posted by muhammad haswadrianto | File under : ,

Mahasiswa-mahasiswi Profesi Kesehatan dan Sekitarnya (Kedokteran, Farmasi, Pertanian, Biologi, dll) baru mau KKN. ini ada beberapa Inspirasi Program kerja legendaris dan tidak kalah eksisnya.

Silahkan Klik Link yang tersedia untuk memperoleh Penjelasan dan Contoh





1. Penyuluhan DBD
kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat tentang bahaya DBD agar dapat dilakukan pencegan sejak dini.

Contoh Poster DBD


2. Penyuluhan Pola Asuh pada Anak dan Remaja 
kegiatan inti bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Pola Asuh pada Anak dan Remaja. sehingga menghindari terjadinya kesalahan asuh anak dan mencegah terjadinya pengaruh buruk pada anak remaja.
Penyuluhan Pola Asuh pada Anak dan Remaja
Contoh Poster Pola Asuh Anak
3. Penyuluhan ISPA dan pembagian masker 
kegiatan ini bertujuan untuk Memberikan pengetahuan kepada orang tua dan siswa/siswi SD tentang Bahaya penyakit ISPA serta bagaimana mengatasinya.
Penyuluhan ISPA
Contoh Poster ISPA
  4. Pelatihan (Cuci Tangan) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa/siswi SD   dalam Berperilaku Hidup Bersih Dan Sehat.

direct application to clean up of hands
Contoh Poster Cuci Tangan
5. Penyuluhan tentang NAPZA dan Rokok 
Kegiatan ini bertujian memberikan pemahaman akan bahaya Narkoba , psikotropika, zat adiktif lainnya (alkohol), dan rokok pada remaja.
contoh stiker bahaya Merokok
Dokumentasi Proker Bahaya NAPZA & Rokok

6. Dental Health Education – Penyuluhan kesehaan gigi dan mulut
Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan dasar  siswa/siswi SD tentang  cara merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini 
Simulasi Menyikat Gigi
Sikat Gigi Bersama
7.Penyuluhan Pharmaceutical care
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pada masyarakat bahwa seorang farmasis atau apoteker tidak hanya bertanggung jawab pada pengadaan obat-obatan namun juga memiliki kompetensi dalam hal pelayanan klinik (farmasi klinik), pharmaceutical care, farmakososial, farmakoekonomi dll. obat bukan untuk menyembuhkan, obat adalah racun. namun kami (farmasis) akan membuat anda aman dan tepat dalam menggunakannya.
Ilustrasi farmasi klinik di rumah sakit
 

8.  Evolusi Penyuluhan pemanfaaatan TOGA (Klik judul untuk melihat link)
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kebenaran keberadaan obat tradisional dan obat sintetik. serta menyuluhkan bagaimana pengolahan tanaman obat keluarga yang moderen.
Penyuluhan Tanaman Obat (TOGA)
Ilustrasi Gambar TOGA
baca juga pemulihan sederhana penyakit maag dengan 3 bahan alam yang baik







9. Penyuluhan Swamedikasi/Pengobatan Sendiri serta Pharmaceutical HomeCare
kegiatan ini bertujuan untuk memeberikan pemahaman tentang pentingnya swamedikasi/pengobatan sendiri dan mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan sebagai swamedikasi/pengobatan sendiri. kemudian dilanjutkan dengan pharmaceutical homecare dengan tujuan kegiatan untuk melihat sejauh mana pemahaman warga dalam menerapkan swamedikasi yang aman dan efektif. Target dari kegiatan ini adalah warga setempat.

Referensi pembahasan dari proker diatas dapat dilihat pada link dibawah:


10. Rumah Tangga Kreatif 
(Klik Judul untuk Membuka Link)
kegiatan ini bertujuan untuk mengubah Barang Bekas Kardus jadi berguna, Meningkatkan produktivitas Rumah tangga

Ilustrasi Kreasi Dengan Kardus

11. Miniatur dari Stick Escream
(klik Judul untuk Membuka link)
kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir limbah stik es cream dan meningkatkan kreatifitas dan produktifitas para warga terutama remaja dan ibu rumah tangga.
Kreasi stick es cream
12. Cerdas Kreatif Barang Bekas
(Klik Judul Untuk Melihat Lengkap)
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produkasi ekonomi dengan cara kreatif mendaur ulang barang bekas yang sudah tidak dapat digunakan menjadi barang berharga

Lihat Juga cara kreatif sulap Barang Botol mendai berharga
Sapu botol bekas

(klik Judul untuk melihat info lengkap)
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman gerakan keluarga sadaran obat. dimana kegiatan ini berupa seminar/penyuluhan  (petugas kesehatan dan warga), dan pembelajaran secara praktik.
Dagusibu
Program kegiatan diatas hanyalah se"percik" pengabdian yang dapat di serahkan kepada masyarakat. 11 ide tersebut masih sangat jauh dari pada ribuan ide kreatif yang dimiliki oleh otak seorang MAHASISWA. jangn batasi kemampuan kalian.

14. Pencegahan DBD dan Penanaman Tanaman Aromatik pengusir Nyamuk (Lavender)
Kegiatan ini berfokus dalam hal pencegahan dari peningkatan penyakit malaria dan DBD, tanaman yang memiliki minyak atsiri (minyak aromatik) umumnya tidak disukai oleh nyamuk namun di minati oleh manusia. Program kerja ini meliputi sosialisasi bahaya DBD dan malaria, pengenalan tanaman pengusir nyamuk dan demo penanaman tanaman aromatik. target dari proker ini adalah ibu-ibu warga, siswa sekolah dan puskesmas/RS. Lihat cara penanaman Lavender
Dokumentasi KKN-PK 50-Sosialisasi DBD dan penanaman Lavender
15. Penyuluhan STOP BAB sembarangan
program kerja ini bertujuan untuk menciptakan warga yang sadar kesehatan diri dan sadar akan kebersihan lingkungan. target dari perogram ini adalah sebagaian besar warga dengan wilayah yang belum terjangkau fasilitas WC. 

Penyuluhan Stop BAB Sembarangan
16. Penyuluhan BPJS Kesehatan
program kerja ini bekerja sama dengan pihak BPJS, baik dalam hal menjelaskan maupun menjawab beberap pertanyaan mengenai managemen penggunaan BPJS. Tujuan dari program ini adalah untuk mengsosialisasikan pawa masyarakat tentang pelayanan kesehatan berbasis gotong royong. Target dari program ini adalah lapisan masyarakat yang masih belum terjangkau BPJS.
Opening Penyuluhan BPJS
Pemaparan mengenai BPJS
17. Lomba Ramadhan
Program kerja ini di laksanakan bertepatan pada bulang Ramadhan, program ini bertujuan untuk meningkatkan semangat beribadah dan silaturahmi antar warga melalui perlombaan untuk anak-anak mereka. item lomba pada program ini meliputi lomba adzan, lomba hafalan surah pendek, lomba tilawah, lomba ceramah dll. selain lomba dilakukan pula pembentukan remaja masjid (REMMAS) yang nantinya diharapkan dapat melanjutkan kegiatan ini setiap bulan Ramadhan.
Dokumentasi kegiatan lomba Ramadhan
Pelantikan Remaja Masjid (REMMAS)
18. Liburan Anak Posko :D
kegiatan ini dapat dilakukan di akhir kepengurusan seluruh program kerja, tujuannya untuk me-relaksasikan organ tubuh agar kembali relaks. target dari program ini adalah seluruh pengurus posko KKN. Take a break leg bro

Bukit Pemandian pribadi milik pak Lurah
Trip to Stawberry's Farm
Mini ShowRarm-Taman Bunga
Pantai Bira
See you on Top


"yang lemah akan tetap menjadi lemah namun dapat mengalahkan yang kuat, menjadi diri sendiri tapi mampu melampaui batas, dan terus melambung tinggi kelangit walau tak bisa terbang, karena kami (farmasi) adalah karya yang tidak hanya bermekar didalam cawan"
 

0 komentar:

Powered by Blogger.