Monday, January 18, 2016

Posted by muhammad haswadrianto | File under :
FARMASI MASA DEPAN
Sejak adanya Deklarasi Fredrick II (1240) yang di cetuskan oleh Kaisar Fredrick II yang merupakan kaisarjerman dan raja dari italia dan sicilia selatan(1194- 1250) yang berisi “Sebelum menyerahkan obatapoteker wajib untuk mengucapkan sumpah bahwa obatyang telah dibuat telah diproses berdasarkan formulastandar atau resep dan tidak ada kecurangan. Dokter tidak boleh melakukan hubungan dagang dengan apotekdan tidak bolah menerima imbalan atau tanda jasa dari apotek “. Sejak saat itu maka profesi farmasitelah diakuisecara independen. Sehingga jelaslah bahwa pada waktu itu fokus pekerjaan farmasi yaitumenyiapkan obat dengan benar dan berkualitas. Dari waktu ke waktu seiring dengan berkembangnya ilmupengetahuan dan teknologi, ternyata ada pekerjaan-pekerjaan tambahan yang harus dilakukan oleh farmasi.Pekerjaan tersebut merupakan fungsi kontrol dan jugajaminan terhadap kegiatan berupa pembuatan termasukpengendalian mutu Sediaan Farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusi ataupenyaluranan obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayananinformasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional (sesuai dengan peratutan pemerintahno 51 2009 tentang kefarmasian). Hal ini disebabkan oleh adanya tuntutan kualitas dari masing-masing tahap
pelayanan kefarmasian.
Oleh karena itulah maka secara garis besar fokus pekerjaan farmasi terbagi menjadidua bidang besar yaitu farmasi klinik dalam usaha pelayanan kefarmasian kepada pasien dan farmasi industrydalam usaha riset serta produksi obat-obatan dengan kualitas yang tinggi.Ditambah lagi akhir-akhir ini juga telah ada tuntutan untuk menjamin kualitas dengan berkembangnyaobat-obatan herbal yang memerlukan kajian yang berbeda dari obat-obatan modern. Hal tersebut menjadipekerjaan farmasi juga. Dengan beragamnya tugas farmasi tersebut maka institusi pendidikan farmasi jugaharus menyediakan pengetahuan tentang berbagai pekerjaan farmasi tersebut. Farmasi haruslah mau terbukamenerima ilmu-ilmu yang baru serta spesifik untuk fokus bidangnya untuk saling mendukung pekerjaanfarmasi.

PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP APOTEKER.
Menurut Drs. M. Dani Pratomo, Apt, MM sebagai ketua IAI (ikatan apoteker Indonesia) tahun2005mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui apa tugas apoteker yang sebenarnya. Inidikarenakan di Indonesia penggunaan obat sudah terlalu mudah diakses oleh masyarakat padahal obat yangsesungguhnya adalah racun yang memerlukan pengaturan yang tepat. Menurut pandangan beliau juga apotekertidak dilatih sesuai dengan pekerjaan yang sebenarnya sesuai pharmaceutical care untuk menghadapi pasien.
Sehingga mereka kurang begitu terampil ketika lulus.Di Indonesia masyarakat umum mengenal apoteker sebagai tenaga kedua setelah dokter. Ini terbukti dengananggapan dan pendapat masyarakat yang mengutarakan bahwa apoteker memiliki kerja sebagai penerjemahresep, orang yang mempersiapkan obat dan penjaga apotek. Pandangan seperti inisecara tidak langsung jugatelah menurunkan mental dan menjadikan pandangan orang laintidak terlalu baik terhadap farmasi. Bila haltersebut dibandingkan dengan beragamnya tugasfarmasi yang sebenarnya diatas, maka anggapan masyarakatyang seperti itu telah menjadi indikasi dan parameter bahwa keberadaan farmasi kurang begitu dirasakanmanfaatnya oleh masyarakat. Padahal apoteker telah diakui sebagai profesi layaknya dokter gigi, dokter,perawat dan dokter hewan. Sebuah profesi pastilah memiliki kualifikasi untuk bekerja secara professional danmempunyai undang-undang yang mendukung pekerjaannya. Bila dibandingkan dengan keadaan tersebut,maka ini menjadi suatu masalah besar bagi farmasi untuk diselesaikan.

BPOM adalah badan resmi di Indonesia yang berhak memberi ijin untuk beredarnya produk obat, obat herbal,
Makanan dan minuman yang boleh beredar di Indonesia. Namun dalam sebagian besar pertimbangan untukregulasi dan pemilihan kepalanya yang ada di lembaga tersebut bukanlah orang farmasi. Pekerjaan tersebutdilakukan oleh menteri kesehatan yang diwakili oleh profesi kedokteran. Sehingga farmasi Indonesia terasabelum bebas sepenuhnya dan diakui sebagai profesi yang mampu berkembang walaupun banyak berdiri
pabrik-pabrik besar farmasi di negara ini. Di lain pihak bahwa sebagian besar mental-mental lulusan farmasi Indonesia masih memikirkan pekerjaanteknis-teknis saja. Belum begitu peduli terhadap isu-isu yang terjadi dunia kefarmasian, terhadap regulasi yangmengatur kefarmasian dan bersedia untuk merangkap kerja untuk bekerja di sector publicsebagai pembuatkonsep regulasi. Oleh karena itulah maka lulusan farmasi yang ada di masa yang akan datang haruslah beranimembuka diri untuk menerima ilmu-ilmu lain di luar farmasi untuk mendukung keprofesiannya.
Seperti ilmuhukum untuk mendukung farmasi dari sisi undang-undang. Ilmu manajemen untuk mendukungfarmasi darisisi kepemimpinan dan manajerial. Sisi psikologi untuk mendukung farmasi dari sisi kepemimpinan dan interaksi dengan orang lain. Dan masih banyak ilmu-ilmuyang secara parsial berhubungan dengan duniakefarmasian seperti ilmu-ilmu medis, bioteknologi, teknologi produksi dan lain-lain. Keterbukaan farmasiuntuk mau belajar lebih tersebut akan membuat pencitraan farmasi akan dianggap baik dari segala sisi yangsaling mendukung. Karena pencitraan profesi ini tidaklah berhasil jika hanya ditinjau dari satu sisi saja.
Namun tidak semua ilmu tersebut harus diberikan kepada mahasiswa dalam kuliah. Hanya ilmuilmu tertentuaja yang sesuai untuk diberikan kepada mahasiswa yang sudah memilki focus terhadap bidang pekerjaannyananti. Sehingga spesialisasi farmasi seharusnya juga menyesuaikan cabang pekerjaan farmasi yang adatersebut. Aktif dalam kegiatan pembahasan tentang isu-isu yang terjadi di dunia kefarmasian. Seorangapoteker haruslah mengusahakanpembelajaranseumur hidup untuk mengikuti kemajuan zaman, ilmupengetahuan dan teknologi. Serta mempertimbangkan aspek nine star of pharmacist yang diajarkan di fakultasfarmas universitasairlangga bahwa farmasi adalah juga sebagai care giver, decisionmaker,communicator,leader, manager, life long learner, teacher, researcher dan pharmapreneur.

FARMASI SEKARANG
Dunia Farmasi telah banyak mengalami perkembangan yang sangat
pesat dengan majunya perkembangan dunia Iptek.Dulu, ketika manusia mulai mengerti dan mendalami masalah kesehatan,terbentuklah satu profesi yang bertanggung jawab dalam menanggulangi masalahini yang sering kita sebut dengan dokter. Kemudian, seiring berjalannya waktu,semakin banyak permasalah kesehatan yang ditemui. sehingga tak mungkin bagiseorang dokter mendalami semua ilmu terkait bidang kesehatan. Selanjutnya,banyak terjadi pemekaran bidang ilmu pengetahuan dari bidang kesehatan, salahsatunya adalah ilmu farmasi.Jika mendengar kata farmasi, maka gambaran yang terbentuk di masyarakatadalah seorang ahli obat-obatan. "tukang" buat obat- begitulah sebutan yangsering terdengar.Benar memang, farmasi adalah bagian dari ilmu kesehatan yang mendalamimasalah terkait obat. Dulu, seorang farmasis berorientasi untuk membuat sediaan(seperti sirup, tablet, kapsul,dan salep) obat sehingga diharapkan dengan obattersebut, dapat menyembuhkan penyakit atau paling tidak megurangi rasa sakitatau menghambat progresifitas penyakit. Ahli farmasi berlomba-lomba dalammenemukan obat baru atau memodifikasi obat sehingga dapat memberikan efekpenyembuhan yang lebih baik dari obat lain.Namun ternyata, dilapangan ditemukan banyaknya masalah terkait penggunaanobat. Seorang pasien menjadi "lebih sakit" akibat menggunakan obat-obatantersebut.
 Kenapa?Banyak hal yang menyebabkan hal itu. Cipolle, 1998- meerangkan dalam bukunyabahwa ada 7 kategor masalah terkait obat, yaitu membutuhkan tambahan terapi obat, terapi obat yang tidak perlu, terapi salah obat, dosis terlalu rendah, dosistererlalu tinggi, reaksi obat yang merugikan, dan kepatuhan.Hal ini kemudian menjadi permasalahan yang cukup menarik perhatian di duniakesehatan. Berangkat dari kejadian-kejadian di lapangan seperti di atas, makasekitar tahun 80-an, konsentrasi farmasi di Indonesia mulai melakukanpengembangan ke arah patient oriented atau pelayanan yang berorientasi padapasien yang ditekuni oleh ahli-ahli bidang farmasi klinis. Sebenarnya di USA,farmasi klinis telah menjadi perhatian sejak sekitar tahun 60-an. Namun, diIndonesia farmasi klinis baru memperlihatkan perkembangan di tahun 2000-andengan tercetusnya PP 51 yang memuat peraturan standar pelayanankefarmasian.Lalu, apa yang dikerjakan oleh farmasis klinis di lapangan? Ini juga menjadipertanyaan pertama saya ketika mendengar istilah farmasi klinis.
Contoh terdekatnya, selama ini ketika kita "singgah" ke apotek, kita tak pernah
tau siapa apoteker yang bertugas di apotek tersebut. Sehingga banyak masyarakat.
FARMASI MASA KINI
Farmasi (Inggris: pharmacy, Yunani: pharmacon, yang berarti: obat) merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat. Kata farmasi berasal dari kata farma (pharma). Farma merupakan istilah yang dipakai di tahun 1400 - 1600an.
Institusi farmasi Eropa pertama kali berdiri di Trier, Jerman, pada tahun 1241 dan tetap eksis sampai dengan sekarang.
Farmasis (apoteker) merupakan gelar profesional dengan keahlian di bidang farmasi. Farmasis biasa bertugas di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisional, apotek, dan di berbagai sarana kesehatan.

Sumber : http://nurhasanahismiatimukhsin.blogspot.co.id

0 komentar:

Powered by Blogger.