Friday, November 23, 2018

Posted by muhammad haswadrianto | File under :

Apa yang telah kulakukan .?
Aku bicara dan meneriakkan tentang tanggung jawab. berceloteh tentang betapa pentingnya sebuah tanggung jawab. Hari ini aku baru saja menasehati kawanku, lagi-lagi tentang tanggung jawab. sungguh, aku sama sekali tidak pantas menyombongkan diri tentang tanggung jawab pada mereka, seolah-olah aku telah paham betul arti dari sebuah tanggung jawab. namu aku tetap saja tidak dapat berhenti menyebarkan arti tanggung jawab, apalagi dalam situasi dimana seseorang mulai lalai dari tanggung jawabnya.

ada yang salah. ada yang salah pada diriku, aku tau perbuatanku melanggar tanggung jawab. menyebarkan arti tanggung jawab, namun aku sendiri tak paham dengan tanggung jawab ku. ini semacam respon real yang lazim dialami layaknya ketika seseorang terkena sesuatu yang panas, maka reseptor dengan kecepatan kilat menyampaikan pesan panas ke otak dan secepat itupula kita membentuk respon yang spontan.

seorang kawanku menangis, menangis dalam hati terdalamnya. sebuah tanggung jawab yang dia pegang membuatnya terjatuh dan itu semua karena tanggung jawab yang tidak dapat ku jaga dengan baik, sebagai kawan, sebagai teman, sebagai sahabat dan sebagai ketua. aku membebankan semua hal yang seharusnya dapat kita lakukan bersama-sama, semantara aku menikmati tanggung jawab dengan hanya memopang kaki diatas kursi kebanggaanku. jahat, aku sungguh jahat.

maafkan aku kawan, maafkan aku... kau telah melakukannya dengan sangat baik.

Hanya ini yang bisa kukatakan kawan

kawan
ketika kau bingung memilih antara kepentingan dan kewajiban, ketika kau berusaha berkorban, dan ketika sebuah pengorbanan menjadi petaka buatmu ditambah lagi ketika kau merasa telah berjuang dan tak ada seorangpun yang melihat dan membantumu. ingatlah kawan, Allah ada disampingmu, mengawasi dan membantumu secara halus. tanggung jawab yang sejak awal memang tidak pernah kau inginkan, maka itu semua akan menjadi tambang pahala buatmu, karena kau telah melakukannya dengan sangat BAIK.

kawan
ketika kau merasa mereka selalu bertindak seenaknya padamu, itu karena mereka tidak paham arti Tanggung Jawab. ketika kau merasa semua yang selama ini kau siapkan sia-sia. itu salah besar, kami sangat berterima kasi padamu. 

Sungguh-sungguh terimah kasih. jika bukan kau, setiap hari "itu" tidak akan berjalan dengan lancar. dan ketika kau merasa semua menjadi gelap dihadapanmu, sekali lagi. Allah punya Cahaya yang sangat terang khusus buatmu. kami pun juga punya buatmu.
ingatlah, "belajar itu bukan untuk benar, tapi belajar itu untuk bertanggung jawab"


...Sebuah catatan kecil untuk perangkat golongan laboratorium... 







 



0 komentar:

Powered by Blogger.