Friday, November 23, 2018

Posted by muhammad haswadrianto | File under :

 OPTIMALISASI INTERAKSI OBAT DENGAN RESEPTOR: Ring Variation Drugs

Ring variation adalah salah satu metode atau strategi yang dapat digunakan untuk  suatu bahan obat lebih dapat bertahan lama terhadap degradasi kimia dan enzimatik, hidrolisis dan metabolisme obat sehingga meningkatkan aktivitas dari kerja suatu obat (meningkatkan durasi aksi).  Metode Ring variation bekerja dengan mengubah/menggantikan cincin asli dengan cincin aromatik atau heteroaromatik lainnya baik dalam perbedaan ukuran cincinnya, dan posisi cincin heteroatom alfernya. Selain meingkatkan efektivitas dari bahan obat, metode ini juga dapat mengurangi efek samping  dari bahan obat.
Pengubahan ukuran cincin dapat meningkatkan kekuatan ikatan dari suatau bahan obat terhadap reseptor yang sesuai. Sebagai contoh pengembangan obat anti-inflamasi non steroid (NSAIDs) cilazaprilat. Dengan melakukan variasi cincin dalam hal ini konstruksi dan ekspansi cincinnya, cilazaprilat menjadi bahan obat yang memiliki interaksi terbaik dengan ikatan pada reseptornya (gambar 1).

gambar 1 perluasan cincin cilazaprilat

Ring variation juga dapat membantu dalam menstabilkan metabolisme dari cincin aromatic atau heteroaromatik. Dalam hal ini dilakukan penggantian dengan bagian cincin yang lebih stabil sehingga mempengaruhi afinitas dari oabt tersebut. Sebagai contoh penggantian cincin imidazole (yang rentan terhadap metabolisme) pada Tioconazole digantikan dengan cincin 1,2,4-triazole yang diambil dari Flukonazol dengan peningkatan stabilitas dibandingkan stabilitas sebelumnya (pada gambar 2).
 

gambar 2. variasi cincin pada Tiokonazol dengan 1,2,4 Tiozole


Contoh lain dapat dilihat pada gambar 3. Lead compound (I) merupakan senyawa timbal yang akan di buat menjadi agen anti-virus baru, dengan cara menggantikan cincin aromatik pada stuktur satu dengan target enzim cincin piridin, sehingga adanya pengembangan anti-virus baru yaitu nevirapine (gambar 3).
gambar 3 Variasi cincin, penggantian dengan cincin Piridin


Daftar Pustaka

Al-omar, Mohamed A. 2005. Drug Design: optimizing target interactions. Saudi Pharmaceutical Journal. King Saudi University.

Graham L. Pertick. 2013. An Introduction to Medicinal Chemistry fifth edition. United Kingdom : Oxford University Press.


0 komentar:

Powered by Blogger.