Sunday, January 6, 2019

Posted by muhammad haswadrianto | File under :
 PANDANGAN DAHULU TENTANG PENYAKIT
Bangsa Mesir Kuno tahu bahwa trauma fisik bisa menyebabkan cedera, dan mereka tahu bahwa gigitan ular dan kalajengking dapat menyebabkan penyakit serius.  Meskipun mereka tidak tahu bagaimana hal itu terjadi, mereka juga menyadari bahwa beberapa penyakit dapat menyebar dari satu orang ke orang lain, tapi mereka tahu apa-apa tentang bakteri dan virus dan cenderung menganggap bahwa setiap masalah medis mereka tidak sepenuhnya memahami harus, setidaknya sebagian , disebabkan oleh setan ganas.
Jika penyakit penyebab supranatural, adalah wajar untuk menggunakan sihir untuk mencoba menyingkirkannya.  Seorang dewa atau dewi simpatik mungkin diundang untuk menyelamatkan pasien. Sebuah mantra sihir mungkin diucapkan untuk mengusir setan pergi. Sementara beberapa obat lakukan atau dianggap memiliki kekuatan kuratif, yang lain sengaja menjijikkan dengan harapan setan-setan menyebabkan penyakit akan diusir. Agama perawatan biasanya melibatkan sebuah mantera menciptakan hubungan antara pasien dan dewa. Sebuah setan penyebab penyakit dapat diharapkan untuk melarikan diri jika berpikir itu adalah bermain-main dengan dewa besar atau dewi.
Mantra-mantra berikut ini dikutip dari John F. Nunn, Mesir Kuno Kedokteran (2003) The British Museum Press:
“Pergi ke tanah. Horus akan mengusir Anda. Dia akan menghukum Anda.  Dia akan memuntahkan engkau keluar.
Jijik adalah musuh yang ada di luka. Mengusir adalah jahat yang ada di dalam darah …. saya di bawah perlindungan Isis; penyelamatan saya adalah anak Osiris.
Saya Horus, anak muda dengan jarinya ke mulutnya, sandal dari Horus adalah apa yang menginjak-injak yang nekhi ular”.

PERMASALAHAN MEDIS DAN SOLUSI YANG DILAKUKAN
Permasalahan medis di Mesir kuno berasal dari kondisi lingkungan dan gaya hidup. Hidup dan bekerja di dekat sungai Nil mengakibatkan mereka terancam penyakit seperti malaria dan parasit schistosomiasis, yang mengakibatkan kerusakan hati dan pencernaan. Cidera akibat pekerjaan yang sangat berat, terutama dalam bidang konstruksi dan militer, juga sering terjadi. Kerikil dan pasir di tepung (muncul akibat proses pembuatan tepung yang belum canggih) merusak gigi, sehingga menyebabkan mereka mudah terserang abses.
Hidangan yang dimakan orang kaya di Mesir kuno biasanya mengandung banyak gula, yang mengakibatkan banyaknya penyakit periodontitis.Meskipun di dinding-dinding makam kebanyakan orang kaya digambarkan memiliki tubuh yang kurus, berat badan mumi mereka menunjukkan bahwa mereka hidup secara berlebihan.Harapan hidup orang dewasa berkisar antara 35 tahun untuk laki-laki dan 30 tahun untuk wanita.
Tabib-tabib Mesir Kuno termasyhur dengan kemampuan pengobatan mereka dan beberapa, seperti Imhotep, tetap dikenang meskipun telah lama meninggal.Herodotus mengatakan bahwa terdapat pembagian spesialisasi yang tinggi di antara tabib-tabib Mesir; misalnya beberapa tabib hanya mengobati permasalahan pada kepala atau perut, sementara yang lain hanya mengobati masalah mata atau gigi.Pelatihan untuk tabib terletak di Per Ankh atau institusi “Rumah Kehidupan,” yang paling terkenal terletak di Per-Bastet semasa Kerajaan Baru dan di Abydos serta Saïs di Periode Akhir. Sebuah papirus medis menunjukkan bahwa bangsa Mesir memiliki pengetahuan empiris soal anatomi, luka, dan perawatannya.

SEJARAH OBAT DAN PRAKTEKNYA
Sejak zaman dahulu, obat-obatan telah digunakan untuk mengobati penyakit pada manusia dan hewan. Tanaman obat kuno menggambarkan kekuatan terapi tanaman dan mineral tertentu. Kepercayaan terhadap kekuatan penyembuhan dari tanaman dan sejumlah substansi tersimpan secara eksklusif pada pengetahuan tradisional, yang informasi empirisnya tidak dikenakan dengan pemeriksaan kritis. Praktek praktek pengobatan dicatat dimulai di daratan Mesopotamia sekitar 2600 sebelum masehi. Naskah pengobatan ditulis di atas cetakan tanah liat, dalam catatan tercantum simtom penyakit, resep dari campuran obat yang digunakan, dan juga doa-doa yang digunakan dalam penyembuhan. Di daratan Mesir, praktek pengobatan telah dimulai sejak sekitar 2900 tahun sebelum masehi (SM). Dalam mitologi mesir kuno dikenal dewa matahari (Iris/Ra/Holy Eye) dipercara sebagai dewa pengobatan. Dalam praktek pengembuhan dewa matahari disimbulkan dengan R/. Simbul ini saat ini digunakan oleh dokter sebagai simbul resep dalam menuliskan resep obat yang ditujukan kepada apoteker.

ILMU PENGOBATAN MESIR KUNO 
Dalam hal ini konsep emperis bagian dari tradisi agama dan juga adanya peran dewa yang semuanya terlibat dengan kesehatan manusia membuat status dokter sangat tinggi. Salah satu dewa utamanya Imhotep. 
imhotep adalah seorang manusia biasa yang menjadi dokter terkemuka dan juga perdana menteri  arsitek utama astrolok dan ahli matematika. Setelah meninggal imhotep menjadi pahlawan rakyat dinaikkan posisinya setengah tuhan dan kemudian ditingkatkan lagi kedudukannya menjadi tuhan sepenuhnya.
Tingginya mutu dan tradisi para dokter Mesir yang terdidik dapat juga dilihat dari berbagai papyrus medis yang sampai sekarang dapat diselamatkan. Dua yang terpenting yaitu:
Edwin smith surgical papyrus tentang ilmu bedah dan ebers papyrus tentang observasi medis dan cara pengobatan.papyrus-papyrus ini adalah kumpulan kuliah para guru  untuk muridnya. dan di mesir kuno papyrus merupakan buku ajaran ilmu kedokteran yang pertama dalam sejarah.
.
TOKOH PENGOBATAN PADA ZAMAN MESIR KUNO

1. Dewa Thoth
Sorang ahli pengobatan, yang sampai dijuluki dengan Dewa Kebijaksanaan. ia mengarang antara 36 s.d 42 buku. Enam buku diantaranya mengenai masalah kedokteran (Tubuh manusia, penyakit, alat-alat pengobatan dan kebidanan).

2. Imhotep
Hidup di zaman piramid antara 3000 – 2500 SM, menjabat sebagai Kepala Arsitek Negeri dan Penasehat Medis Raja Fir’aun. ia adalah seorang dokter yang mendapat kehormatan sebagai medical demiggod. ia membuat papyrus yaitu dokumen imlu kedokteran kuno yang berisi 43 kasus pembedahan.

3. Ebers Papyrus
Papyrus ini oleh Universitas Leipzing (Polandia) berisi observasi yang cermat mengenai penyakit dan pengobatan yang dikerjakan secara teliti dan mendalam.

CONTOH PENGOBATAN ZAMAN MESIR KUNO
Daging mentah diaplikasikan pada luka.  Hal ini tidak berbeda dengan praktik modern menerapkan steak untuk mata hitam.  Perlakuan daging sering diikuti dengan menggunakan madu dan minyak. Bakteri tidak dapat tumbuh dalam madu, jadi ini mungkin pengobatan yang efektif.

Pabrik ricinus communis, dari mana kita membuat minyak jarak, terkenal di Mesir Kuno.  Dikatakan bahwa seorang wanita bisa membuat rambutnya tumbuh dengan menggiling biji, menambahkan sedikit minyak, dan menggosok campuran yang dihasilkan di kepalanya.

Natron, paling dikenal sebagai agen yang dihapus uap air dalam proses mumifikasi, direkomendasikan sebagai alat gambar nanah keluar dari mendidih. Komposisi yang tepat dari natron bervariasi dari daerah ke daerah tetapi itu adalah garam laut yang mengandung natrium klorida, natrium sulfat, natrium karbonat dan natrium bikarbonat.

Ground perunggu digunakan sebagai suatu kosmetik (itu memiliki warna hijau menarik) tetapi juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit mata dan luka “yang sudah busuk”.

Sedangkan Mesir Kuno tahu apa-apa tentang bakteri, mereka mengakui perunggu yang bisa menyembuhkan gejala kita sekarang tahu disebabkan oleh bakteri.

Sebuah campuran bagian yang sama dari lemak singa, kuda nil, buaya, kucing, ular dan Ibex, yang dikatakan sebagai obat untuk kebotakan jika digosok di kulit kepala.

Sebuah mouse dimasak dalam minyak dapat digunakan untuk mencegah rambut beruban.
Sebuah mouse panggang ke cinder dan tanah menjadi cekungan susu yang dikatakan sebagai obat untuk batuk rejan. Tikus adalah unsur utama dalam sejumlah obat, tetapi alasan di balik ini tetap misteri.

Pain Killers: Orang Mesir Kuno tentu tahu tentang lily air dan teratai, ganja, poppy, dan mandrake itu.  Ada petunjuk, tetapi tidak ada bukti yang tegas bahwa mereka tahu dari narkotika yang digunakan masing-masing dan di mana mereka bisa meletakkan untuk mengontrol rasa sakit.

Kandungan:
Sebuah uji Fertilitas:
Tempatkan bawang dalam vagina wanita.  Jika bau hadir di mulutnya pada hari berikutnya, maka dia mampu menjadi hamil.

Sebuah uji Kehamilan:
Emmer gandum dan biji barley dibasahi setiap hari dengan air seni wanita. If the seeds sprout she is pregnant. Jika biji berkecambah dia hamil. . Jika jelai kecambah pertama, anak akan laki-laki, jika Emmer tumbuh pertama anak akan perempuan.  (Ilmu pengetahuan modern telah menunjukkan tingkat akurasi yang adil dalam aspek kehamilan tes tetapi tidak ada dalam aspek penentuan seks.)
Baru minyak dioleskan pada payudara dan bahu seorang wanita saat ia berbaring. Jika di pagi hari berikutnya, pembuluh darah yang “segar dan baik, tidak ada yang runtuh” maka dia akan melahirkan anak memuaskan.

Birth Control:
Masukkan kotoran buaya di vagina. Ada kemungkinan bahwa resep ini mengacu pada plug keras dari dun buaya kering dimasukkan di mulut rahim untuk memblokir pintu masuk sperma, tetapi papirus tidak jelas.
serat, dibasahi dengan campuran akasia, carob, dan tanggal ditumbuk menjadi madu, “harus ditempatkan di mulut rahim.”
Untuk Mencegah Payudara melorot
Lumuri perut, payudara dan paha dengan darah haid seorang wanita yang baru saja dimulai.

FARMASI ZAMAN MESIR KUNO
Piramida yang masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini merupakan bukti kekuatan dan kejayaan bangsa Mesir selain pembalseman mayat-mayat (mumi), lukisan dinding dan harta benda di kompleks-kompleks pemakaman. Bangsa Mesir mencatat kejadian-kejadian pada saat itu atau ide-ide mereka (misalnya sistem pengairan dan pertanian) dengan menulisnya di papyrus atau dalam bentuk hyeroglyph mulai tahun 3000 SM, sebelum mereka mengembangkan peradaban dengan teknologi metalurgi (penempaan logam) yang maju. Mereka berdagang dan kadang berperang dengan negeri-negeri sekitarnya di sebelah timur Mediterania dan Afrika.

Seperti halnya di Babylonia, pada catatan peninggalan Mesir menunjukkan hubungan yang dekat antara penyembuhan supranatural dengan penyembuhan empiris. Resep/formula obat biasanya diawali dengan doa atau mantra tertentu. Di dalam formula-formula tersebut disebutkan obat-obat yang lebih rumit, bentuk sediaan yang lebih banyak dan teknik pembuatan yang mendetil. Mungkin yang paling terkenal dari catatan yang ada adalah Ebers Papyrus, suatu kertas bertulisan yang panjangnya 60 kaki dan lebarnya satu kaki dari abad ke-16 SM. Dokumen ini sekarang berada di University of Leipzig, untuk mengingat seorang ahli tentang Mesir, berkebangsaan Jerman, bernama Georg Ebers, yang menemukan dokumen tersebut di kuburan suatu mumi dan menerjemahkannya sebagian, selama setengah dari akhir abad ke-19. Sebagaian besar isi Papirus Ebers adalah formula-formula obat, yang menguraikan lebih dari 800 formula. Selain itu disebutkan juga sekitar 700 obat-obatan yang berbeda. Obat-obatan tersebut terutama berasal dari tumbuhan walupun tercatat juga obat-obatan yang berasal dari mineral dan hewan. Obat-obatan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sampai sekarang masih dipakai, antara lain seperti akasia, biji jarak, adas, disebut bersama-sama dengan yang berasal dari mineral, seperti besi oksida, natrium bikarbonat, natrium klorida dan sulfur. Kotoran hewan juga digunakan dalam pengobatan seperti halnya di Babylonia. Dalam literatur lain disebutkan bahwa psyllium disebutkan dalam Papirus Ebers dan dikenal sebagai laksatif dan antidiare sekitar tahun 1500 SM. Saat ini psyllium lebih dikenal dengan nama dagang Metamucil yang sering dijumpai di apotek. Bahan pembawa sediaan (vehiculum) yang dipakai adalah bir, anggur, susu dan madu. Madu dan lilin juga sering digunakan sebagai bahan pengikat (binders) dalam formula-formula tersebut. Mortir, penggiling tangan, ayakan dan timbangan biasa digunakan oleh orang Mesir dalam membuat supositoria, obat kumur, pil, obat hisap, troikisi, lotio, salep mata, plester dan enema; seperti halnya dalam peracikan obat-obatan (teknologi farmasi) saat ini.

Berbeda dengan formula-formula bangsa Babylonia yang ditulis secara kualitatif saja, formula-formula Mesir kuno ditulis secara kuantitatif. Dikenal satuan ro (1 ro = ± 15 ml). Selain itu juga ditulis lama pengobatan (terapi) empat hari yang merupakan lama pengobatan yang umum di Mesir saat itu, yang mungkin lebih menekankan aspek “sihir”nya dibanding hasil observasi klinis. Di bawah ini adalah salah satu contoh formula tersebut : Formula untuk membersihkan purulensi :Hyoscyamus 20 roDates 4 roWine 5 roAss’s milk 20 roDi rebus, dipekatkan dan diminum selama empat hari Salinan formula-formula obat disebarluaskan dari satu penyembuh ke penyembuh lainnya, juga dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kadangkala sebagian obat diambil dari formula aslinya dan dikombinasikan begitu saja dengan obat-obat lain dari formula yang berbeda. Kemungkinan besar hal ini merupakan awal munculnya pengobatan yang disebut dengan “polifarmasi” (poli = banyak, farmasi = obat) yang kelak diketahui sebagai salah satu metode pengobatan yang tidak rasional.

MITOLOGI MESIR KUNO
Praktek kefarmasian telah dikenal dalam mitologi Mesir. Seperti halnya di Babylonia, bangsa Mesir juga mengenal dewa-dewa yang berpengaruh dalam pengobatan seperti Thoth, Osiris, Isis, Horus dan Imhotep. Salah satu simbol yang menghubungkan praktek kefarmasian saat ini dengan mitologi kuno adalah simbol Rx, yang dijumpai dalam penulisan resep di seluruh dunia. Sebagian besar pendapat menyatakan bahwa simbol tersebut berasal dari simbol mata Horus, dewa elang bangsa Mesir. Horus selalu mengawasi setiap proses pembuatan obat, sebagai simbol bahwa profesi farmasis selalu mendapat pengawasan dari Tuhan sehingga setiap pelaku profesi ini harus selalu bekerja dengan baik, cermat dan jujur karena Tuhan selalu melihat dan mengawasi mereka. Horus ditugaskan oleh Isis, ibunya sebagai penjaga balai pengobatan (house of medicine) para dewa. Sedangkan tugas menjaga bejana pembalseman diberikan kepada dewa lain, yakni anepu (bangsa Yunani menyebutnya anubis) yang mungkin dianggap sebagai farmasis para dewa selain sebagai dewa kematian.

DAFTAR PUSTAKA
Tjay, T.H. dan Rahardja, K. Obat-Obat Penting: khasiat, penggunaan dan efek sampingnya. Farmakologi Umum. PT Elex Media Komputindo. Jakarta, 2007. hal: 3 – 4

Lullman, H et al. Color Atlas of Pharmacology 2nd edition. General Pharmacology. Thieme, 2000. hal: 2 – 3

Wirasuta, I.M.A.G., Tren Perkembangan Dunia Farmasi, 18 Desember 2009, Artikel tersedia dari: http://gelgel-wirasuta.blogspot.com/2009/12/tren-perkembangan-dunia-farmasi-tempat.html.

Sukandar, E. Y., Tren Dan Paradigma Dunia Farmasi: Industri-Klinik-Teknologi Kesehatan, Pidato ilmiah pada acara dies natalis ITB yang ke 45, Departemen Farmasi, FMIPA, Institut Teknologi Bandung. Artikel tersedia dari: http://www.itb.ac.id/focus/focus_file/orasi-ilmiah-dies-45.pdf

Tan, S.Y., Medicine in Stamps; Hippocrates: Father of Medicine, Singapore Med Journals, 2002 Vol 43(1) : 005 – 006, Available from : http://www.sma.org.sg/smj/4301/4301ms1.pdf

Tan, S.Y., Yeow, M.E., Medicine in Stamps; Paracelsus (1493-1541): The Man Who Dared, Singapore Med Journals, 2003 Vol 44(1) : 005 – 007, Available from: http://www.sma.org.sg/smj/4401/4401ms1.pdf.

(Embalming study ‘rewrites’ key chapter in Egyptian history, 13 August 2014, by University of York. Journal Ref: Evidence for prehistoric origins of Egyptian mummification in Late Neolithic burials. Plos One, 2014. Mummy in the British Museum, image courtesey of Wikimedia Commons.)


0 komentar:

Powered by Blogger.