Monday, September 24, 2018

Posted by muhammad haswadrianto | File under :
   Macam-macam suhu penyimpanan obat :
  • Dingin  adalah suhu tidak lebih dari 8 derajat.Lemari pendingin memiliki suhu antara 2 - 8 derajat sedangkan lemari pembeku mempunyai suhu antara -20 s/d -10 derajat.
  • Sejuk adalah suhu antara 8 s/d 15 derajat. Kecuali dinyatakan lain harus disimpan pada suhu sejuk dapat disimpan dilemari pendingin.
  • Suhu Kamar adalah suhu pada ruang kerja. Suhu kamar terkendali adalah suhu yang diatur antara 15 s/d 30 derajat.
  • Hangat adalah suhu antara 30 s/d 40 derajat
  • Panas berlebih adalah suhu diatas 40 derajat 
   Interaksi Aminofilin dan Phenobarbital (Luminal)
interaksi yang merugikan antara aminofilin dan phenobarbital (luminal) adalah terjadinys penurunan kadar (25%) pada aminofilin dengan cara inhibisi enzim CYPA12 oleh luminal.
Aminofilin adalah obat yang dimetabolisme di hati oleh isoenzim sitokrom P450, terutama oleh CYP1A2. Ada beberapa obat yang mempengaruhi enzim tersebut, salah satunya adalah phenobarbital (luminal) yang akan menginduksi enzyme CYP1A2 secara langsung sehingga klearens aminofilin akan lebih cepat yang mengakibatkan pengurang kadar plasma aminofilin berkurang.
     Interaksi Menguntungkan Ergotamine dan Kafein
Kkafein akan mempercepat absorbsi Ergotamin disaluran cerna. Sehingga absorpsi Egotamin akan semakin cepat dan efek terapinya semakin cepat pula. Sebagai contoh, jika onset kerja ergotamin sekitar 2 jam, maka kemungkinan obat akan bekerja lebih cepat sekitar 1 jam jika dikonsumsi bersama dengan kafein. Hal ini dapat menguntungkan kegunaan dari ergotamine sebagai obat dari sakit kepala atau migrane. 

Sumber: Lexi-Comp's Drug Information Handbook - 14th edition, 2006 Martindale, 34th edition, 200 dan Smith HS. Opioid metabolism. Mayo Clin Proc. 2009;84;613-624. [PMC free article] [PubMed]



0 komentar:

Powered by Blogger.