Monday, January 23, 2017

Posted by muhammad haswadrianto | File under : ,

Senin malam, malam yang indah untuk menikmati segelas jus Persea americana Mill atau yang akrab disapa dengan jus alpukat. Sembari waiting for the downloads to finish :D

Semua orang pasti kenal dengan buah yang satu ini, bentuk yang unik, warnah hijau yang tua pada bagian luar dan hijau lembut pada bagian dalamnya. Alpukat adalah buah turis bagi kita kena buah ini berasal dari Mexico dan Amerika Selatan :D.

Dahulu kala, alpukat dikenal sebagai makanan yang bisa merangsang kemampuan seksual seseorang. oleh karena itu alpukat jarang dibeli atau dikonsumsi untuk melindungi citra diri masyarakat dari fitnah. (ntahlah akan kebenarannya)

jika kalian cek di mbah geegle, maka akan terdapat macam2 manfaat dan keguaan dari buah yang satu ini, dari segi kesehatan, kecantikan hingga bahayanya :D

Alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. buah ini banyak vitamin, mineral, asam pantotenat (vitamin B5), vitamin K dan serat, tentunya pasti sangat baik untuk pencernaan dan membantu menjaga keseimbangan substansi penting bagi tubuh. selain itu buah ini kaya akan magnesium, fosfor, zat besi dan kalium, yang mengandung lebih potasium per gram dari pisang,(New York University Medical Center Langone.) open link

Kemampuan Buah Alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Penelitian dalam jurnal Archives of Medical Research 1996 menemukan bahwa pasien dengan hiperkolesterolemia ringan (kelebihan kolesterol) yang memasukan buah alpukat ke dalam daftar diet mereka selama satu minggu mengalami penurunan 22 persen pada kolesterol jahat dan trigliserida serta peningkatan 11 persen kolesterol baik.

Namun semua khasiat diatas akan aktif jika jumlah konsumsi masih berada dalam batas kewajaran. jangan pernah berfikir bahwa menjauhi daging-dangingan (hewani) dan lebih total menkonsumsi hasil tumbuh-tumbuhan (nabati) dapat terhindar dari kegemukan dan kolesterol.. itu TIDAK SEPENUHNYA BENAR karena dalam dunia botani ada sebutan lain dari kolesterol namun yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, yaitu Fitosterol (ha ha ha)

Semua buah pasti punya resiko tersendiri jika dikonsumsi secara "brutal". "Mengkonsumsi terlalu banyak buah alpukat dapat menyebabkan penambahan berat badan karena kandungan lemak, meskipun lemak tak jenuh," kata ahli gizi berbasis di San Diego Laura Flores

Hal ini juga dapat menyebabkan kekurangan gizi, karena lemak lebih lambar dicernadari pada substansi lain dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama daripada nutrisi lainnya. Selain itu, alpukat juga bisa menyebabkan alergi terhadap konsumen (pada keadaan tertentu), biasanya terkait dengan alergi lateks, menurut Mayo Clinic. 
Ingatlah bahwa OBAT itu adalah racun, namun yang membuatnya tidak beracun adalah DOSIS. secara kharfial dosis dapat diartikan sebagai batasan, tanpa batasan/Dosis maka efeknya akan kembali menjadi "racun" oleh sebab itu segala sesuatu yang kita anggap baik namun tanpa batas, tetap akan merugikan kita juga nantinya.

Allah berfirman dalam Al-Quran
“Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebih-lebihan (boros) karena Allah tidak mencintai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (Q.S Al-A’raf:31). 

”Makanlah diantara rezeki yang baik yang telah Kami berikan pada kalian, dan janganlah melampaui batas padanya” (Q.S Thaha ayat 81)

Rasulullah SAW pernah bersabdah
”Kami adalah orang-orang yang tidak makan kecuali setelah lapar, dan bila makan kami tidak sampai kenyang”.

”Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas”. (HR. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim)

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, Imam Ahmad dan Darimi, Rasulullah saw juga bersabda:
”Makanan satu orang cukup untuk dua orang, makanan dua orang cukup untuk empat orang, dan makanan empat orang sebenarnya cukup untuk delapan orang”.

Dalam hadits lain disebutkan:
”Sesungguhnya termasuk sikap berlebih-lebihan bila kamu memakan segala sesuatu yang kamu inginkan”. (HR Ibnu Majah)

”Seorang mukmin makan dengan satu usus, sementara orang kafir makan dengan tujuh usus”. (HR. Muslim, Turmudzi, Ahmad, dan Ibnu Majah).

So.. Sehat itu sebenarnya mudah, Semudah seseorang memperoleh penyakit. kedua hal ini tergantung dari diri kita sendiri, sebab menjaga kesehatan tanpa pengetahuan akan hal terkait sama saja dengan bohong.           
"jangan pernah mengandalkan obat dalam hal menyembuhkan, andalkanlah diri anda sendiri dalam hal menjaga tetap sehat karena obat tidak pernah menyembuhkan namun hanya mengurangi gejala yang ada"

                                                                             -salam sehat-

0 komentar:

Powered by Blogger.